Bhabinkamtibmas Desa Cintamekar Polsek Sagalaherang Subang, Rawat ODGJ dengan penuh kasih sayang.

Subang – Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) bukan makhluk yang harus dibuang jauh dari yang lain. Mereka layak untuk dapat sentuhan kasih sayang dari sesama agar kembali menjadi manusia normal pada umumnya.

Bripka Erik Syafrudinsyam jadi salah satu manusia yang bisa memberi sentuhan kasih sayang kepada ODGJ. Bhabinkamtibmas Desa Cintamekar tersebut turun tangan bantu merawat pasien ODGJ sejak 2021.

Bacaan Lainnya

Bhabinkamtibmas Desa Cintamekar tersebut turun tangan menangani pasien ODGJ berawal saat piket di Polsek Sagalaherang ada keluhan terkait ODGJ yang meresahkan dan membahayakan masyarakat sekitar, sesuai dengan arahan dan petunjuk dari Kapolsek Sagalaherang untuk dikoordinasikan dengan salah satu Pondok Pesantren yang ada di wilayah hukum Polsek Sagalaherang.

Ponpes tersebut adalah Ponpes Yayasan Roudlotul Ulum 2 di Desa Cintamekar, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang. Di ponpes ini, ODGJ dirawat agar tidak meresahkan masyarakat sekitar.

ODGJ yang ditemukan masyarakat dibawa ke ponpes tersebut untuk dirawat. Mereka mendapatkan edukasi menanam tanaman, mencuci baju, ternak domba, kebersihan kamar, mengaji dan hal lainnya.

“Mereka jadi ODGJ karena ketergantungan obat atau lem, game online, dan depresi. Saya turun membantu pak Ustad untuk merawat ODGJ,” ucap Bripka Erik Syafrudinsyam.

“Saya merasa bahagia, dulu pasien ODGJ ngamuk dan mengancam keselamatan masyarakat, setelah ditangani dan dirawat dengan baik, akhirnya mereka terlihat ada perubahan,” ucap Bhabinkamtibmas Desa Cintamekar yang mendapat dukungan penuh dari pimpinannya yaitu Kapolres Subang AKBP Sumarni, S.I.K., S.H., M.H dan Kapolsek Sagalaherang.

Kapolsek Sagalaherang Iptu Irfan Taufik Firmansyah merasa bangga dengan Bripka Erik Syafrudinsyam yang turut membantu menangani pasien ODGJ. “Saya bangga dan mendukung langkah Bripka Erik,” ucapnya.

Iptu Irfan menilai langkah yang dilakukan Bripka Erik Syafrudinsyam bentuk perhatian dan kepedulian polisi terhadap ODGJ agar bisa sembuh seperti manusia normal lainnya.

Kapolres Subang AKBP Sumarni pun bangga terhadap Bripka Erik Syafrudinsyam yang bantu merawat ODGJ. Karena, meski ODGJ, mereka tetap berhak untuk dapat perhatian dan kepedulian sesama.

“Semoga dengan Bripka Erik Syafrudinsyam bantu merawat pasien ODGJ, masyarakat semakin merasakan manfaat dari kehadiran polisi dan polisi selalu ada di hati masyarakat,” harapannya. 

(Redaksi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *