Sinergi, Polsek Sliyeg, Pemdes dan Masyarakat Basmi Hama Tikus di Desa Tambi

Indramayu,– Bhabinkamtibmas Polsek Sliyeg jajaran Polres Indramayu Polda Jabar, Pemdes dan Masyarakat setempat, bahu-membahu memburu hama tikus yang berada di area pesawahan Desa Tambi, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu.

Dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas, Pemdes serta Masyarakat bersama-sama warga melakukan kegiatan memberantas hama tikus atau yang juga sering disebut gropyokan dengan berbekal alat berupa pentungan melakukan perburuan hama tikus.

Bacaan Lainnya

“Perburuan tikus yang dilakukan petugas dan warga tersebut dilakukan secara rutin saat musim Menjelang Tandur. bersinergi dalam menjaga situasi yang aman tidak hanya di bidang kamtibmas saja namun juga dibidang lainnya seperti mengusir hama agar hasil panen petani nantinya memuaskan.” terang Kapolres Indramayu, AKBP M. Fahri Siregar melalui Kapolsek Sliyeg, Iptu Sutrisno, Jum’at (09/06/2023)

Menurut Kapolsek bahwa warga Desa setempat seringkali tanaman padinya diserang oleh hama tikus, dengan gropyokan dirasa lebih efektif dan tidak membahayakan para petani serta warga yang lain, dibanding dengan cara-cara yang lain seperti misalnya dengan memasang setrum. Seperti yang kita ketahui, risiko dengan memasang setrum sangat berbahaya.

Dalam kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap musim Tandur tanam) tersebut merupakan bentuk keaktifan dirinya agar membuat hubungan warga desa binaan terutama petani dengan polisi semakin erat.

“Selain itu juga untuk melestarikan budaya gropyokan yang merupakan kearifan lokal desa setempat,” kata Kapolsek.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *